11 Karakter Pria yang Tepat

Siapa yang Anda anggap sebagai pria yang tepat dan kapan Anda menganggapnya demikian? Seperti apakah dia? Sifat-sifat apa yang dimilikinya?

Anda perlu mengembangkan beberapa prinsip atau karakteristik yang Anda butuhkan dalam diri seorang pria. Anda perlu memikirkan hal-hal yang Anda inginkan dan butuhkan, lalu carilah pria yang memenuhi sebagian besar kriteria Anda tadi, jangan cuma satu atau dua kriteria.

Carilah karakter yang sejati. Carilah seseorang yang memberi perhatian dan kasih sayang yang Anda butuhkan dan layak Anda dapatkan.

 

  1. Bertanggung jawab   Penting sekali untuk mencari pria yang tepat dan bertanggung jawab. Jika ia tidak bertanggung jawab dengan waktu, uang, talenta, dan pekerjaannya, ia pun akan bersikap sama atau bahkan lebih buruk terhadap pernikahan. Jika ia menyalahkan orang lain perihal segala sesuatu yang tidak beres dengan dirinya, maka Anda menjadi orang berikutnya yang akan disalahkan oleh dia. Pria yang bertanggung jawab tidak akan menimpakan kesalahan kepada orang lain. Ia akan mengaku bila bersalah, bersedia bertanggung jawab atas kesalahannya itu, mau meminta maaf, dan mau belajar dari kesalahan. Pria yang bertanggung jawab memberi Anda kemantapan, rasa aman, dan hal-hal yang dapat diprediksi.
  2. Menunda Kesenangan   Pria yang mampu menunda mencari kesenangan akan mampu menahan diri untuk tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah. Ia dapat menabung dan bukannya memboroskan semua uangnya. Kualitas seperti ini sangat penting untuk ditemukan dalam diri pasangan hidup. Doronglah dia untuk mempraktekkan dan mengembangkan sifat itu sebelum menikah dengan Anda. Amati apakah ia memiliki kekuatan untuk menunda sesuatu yang tampaknya baik untuk saat ini dengan sesuatu yang tampaknya lebih baik untuk masa mendatang.
  3. Berkomunikasi   Anda berhak untuk mendapatkan pria yang mau berkomunikasi dengan Anda. Ia harus dapat mengungkapkan tentang dirinya dan dapat berkomunikasi dengan baik terhadap Anda secara pribadi. Jika sejak awal sudah tidak ada komunikasi, kemungkinan besar hal itu juga tidak akan pernah ada setelah Anda menikah. Pria yang tepat harus tahu cara berkomunikasi.
  4. Memiliki teman-teman yang mendukungnya.   Pastikan pasangan Anda yang tepat itu mempunyai teman yang dapat membantunya dan teman yang dapat ia bantu. Bertemulah dengan teman-temannya dan ikutlah terlibat dalam melakukan banyak hal bersama mereka. Jika Anda menikmati kebersamaan dengan mereka, mereka akan dapat mendukung pasangan Anda dan Anda. Yang menjadi tanda bahaya adalah bila pria yang Anda pilih tidak mempunyai teman dan tidak berkeinginan untuk bergaul dengan orang lain, atau pria yang teman-temannya bersifat buruk.
  5. Memiliki Tujuan   Pasangan yang tepat harus memiliki tujuan untuk kehidupan ini, yang jauh melampaui keinginan seperti sekedar mempunyai uang banyak atau mempersiapkan pensiun. Tanyakan apa tujuan hidupnya, mengapa ia hidup melebihi dari yang perlu dilakukannya di dunia ini, apa yang ia harapkan dapat diberikannya kepada dunia dan bagaimana cara ia melakukan itu.
  6. Baik hati dan memiliki hubungan yang baik dengan wanita   Pria yang baik dan tepat harus bersikap baik kepada Anda dan menghargai semua wanita. Jika ia berani menghina ibunya atau para wanita lainnya, maka pada akhirnya nanti ia akan beralih menghina Anda. Carilah pria yang menghargai Anda dan semua wanita.
  7. Berdoa   Pria yang tepat juga harus merupakan sosok yang suka berdoa. Ia memiliki hubungan dengan Allah dan menginginkan pimpinan-Nya. Anda perlu tahu apakah pria pilihan Anda itu seorang pria yang bertuhan dan selalu mencari Allah.
  8. Gemar membaca Kitab Suci   Pria yang tepat perlu mengikuti pendalaman Alkitab, tempat ia belajar lebih banyak tentang Firman Allah. Doronglah ia untuk membaca bersama Anda. Jika ia merasa tidak nyaman, maka itu bisa berarti bahwa keintiman rohani tidak akan menjadi bagian dari kehidupan pernikahan Anda kelak.
  9. Mengasihi anak-anak   Hati seorang pria yang tepat dapat dilihat dari caranya menanggapi anak-anak. Bicarakan dengannya perihal anak-anak. Pastikan apakah ia merasa nyaman di tengah mereka dan senang memberikan sebagian dari dirinya untuk mereka. Jika anak-anak adalah untuk masa depan Anda, pastikan bahwa pria itu tahu betul cara mengasihi mereka.
  10. Mempunyai Integritas   Pria yang tepat tidak patut menjadi pria pengingkar dan tidak konsisten. Ia harus menjadi pria yang melakukan apa yang telah dikatakannya. Integritas dan karakter berkaitan erat.
  11. Mengasihi   Pria yang tepat harus mengasihi Anda. Pastikan bahwa ia tahu betul secara mendalam cara untuk mengasihi dan memenuhi kebutuhan Anda. Bahwa ia mendahulukan kepentingan Anda daripada dirinya sendiri. Bahwa kasihnya akan membuatnya melayani Anda dan mau mengorbankan hidupnya bagi Anda.

 

Keluarlah, kemudian carilah pria yang tepat dan hindari semua tipe pria yang tidak tepat. Tuhan memberkati Anda untuk mencari pria yang tepat.

 

(Diambil dari buku “Jangan Salah Pilih!” tulisan Stephen Arterburn & Dr. Meg J. Rinck. Buku tersedia di Bibliotherapy PKPP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *