Tips Mengingat Nama dan Wajah Orang

Bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru merupakan aktivitas yang sudah biasa kita lakukan. Namun pernahkah ketika kita selesai bersalaman dengan orang yang baru dikenal, sesaat setelah itu telah lupa siapa namanya? Seringkali juga kita berpapasan dengan orang lain yang menyapa, sementara kita sendiri lupa siapa nama orang yang menyapa tersebut.

Nah, ini ada beberapa tips cara mudah mengingat nama dan wajah seseorang.

Berikut langkah-langkah yang dapat kita terapkan:

1. Pastikan mendengar nama orang tersebut dengan jelas

Sering bertemu dengan orang-orang baru dan berkenalan tentunya menyenangkan. Akan tetapi, biasanya saat bertemu dengan orang tersebut dan bersalaman, kita hanya sekilas mendengar nama orang tersebut dan tidak jelas. Saat itu juga biasanya kita malas ataupun segan untuk menanyakan kembali namanya, benar bukan? Mulai sekarang dengarlah nama orang tersebut dengan jelas. Jika kurang jelas, tanyakan kembali namanya. Cara yang paling mudah untuk menanyakan kembali adalah dengan menanyakan nama panggilan orang tersebut.

2. Gunakan nama orang yang baru dikenal tersebut pada awal-awal kita memulai percakapan

Mengulang kembali nama orang pada awal-awal percakapan akan sangat membantu melekatkan nama tersebut di otak. Kita bisa memulai percakapan dengan menanyakan pertandingan sepak bola yang baru lewat ataupun pekerjaan, hobi, makanan favorit, kegiatan, dan lain-lain. Namun ingat, selalu awali percakapan kita dengan menyebutkan nama depan orang tersebut apalagi bila kita baru satu dua kali bertemu dengannya.

3. Menghubungkan kemiripan orang yang baru dikenal tersebut dengan seseorang yang telah kita kenal lebih dulu

Anda mungkin pernah merasa, si A mirip dengan teman lama sewaktu SMA, si B mirip dengan mantan pacar, si C mirip artis atau nama si D sama dengan nama adik Anda. Gunakan cara ini untuk memanggil ingatan kita tentang nama orang yang telah berkenalan tersebut. Suatu saat jika bertemu lagi, cara ini akan sangat membantu. Contoh, nama yang baru kita kenal adalah Sarah. Kita dapat membayangkan wajahnya berganti dengan presenter Sarah Sechan. Seandainya orang yang berkenalan dengan kita memiliki kepala yang botak, kita juga bisa menghubungkan orang tersebut dengan mentalist Deddy Corbuzier.

4. Menghubungkan dengan aktivitas rutin atau pekerjaan

Melalui nama seseorang yang kita kenal tersebut coba imajinasikan atau hubungkan dengan pekerjaannya. Prinsip ini lazim digunakan dalam keseharian. Seperti saat kita mengetahui nama Andy F. Noya, biasanya secara otomatis kita menghubungkannya dengan acara Kick Andy.

5. Hubungkan nama dengan wajahnya

Nah cara yang ini cukup ampuh untuk mengingat wajah dan nama orang dengan cepat dalam jumlah yang banyak. Caranya adalah membayangkan suatu bagian wajah seseorang yang terlihat paling unik, seperti jidat yang lebar, hidung yang pesek, telinga yang aneh, dan lainnya dengan pelesetan nama orang tersebut yang diganti dengan kata yang memiliki kesamaan bunyi dan lebih familier serta lucu. Kamu juga bisa menghubungkannya dengan postur tubuh, gaya bicara, ataupun gaya jalan orang tersebut.

 

Selamat mencoba!

 

(Sumber: buku “Memorizing Like an Elephant” tulisan Yudi Lesmana. Buku tersedia di Bibliotherapy PKPP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat us for more information