5 Hal yang Sebaiknya Dihindari Saat Marah

Sekali lagi, tidak ada yang salah dengan marah. Marah juga adalah salah satu emosi yang dianugrahkan Tuhan untuk kita. Masalahnya adalah bagaimana jika kita dikuasai oleh amarah. Hal itu yang dapat memunculkan banyak persoalan yang sebenarnya tidak kita kehendaki.

Setelah sebelumnya kita membahas tentang hal-hal yang sebaiknya kita lakukan saat marah, nah, sekarang kebalikannya nih.

Apa aja sih yang sebaiknya kita hindari saat marah?

TIDUR

Pernyataan ‘never go to bed angry’ adalah valid. Anda tidak bisa tidur dengan memendam emosi negatif. Studi menemukan, bahwa tidur menguatkan memori otak. Jika Anda tidur dalam keadaan marah, maka emosi negatif itu akan terpendam lama dalam otak dan membuat Anda terus bad mood setelah bangun.

POSTING DI MEDSOS

Ketika marah, mengungkapkan (menuliskan/posting) perasaan kita di media sosial justru akan membuat kita terus dihantui rasa marah. Jika suatu hari kita sudah tak marah lagi, membaca status itu akan memancing kembali perasaan negatif yang telah hilang.

MAKAN BERLEBIHAN atau MINUM BERALKOHOL

Saat kita merasa marah, sadar maupun tidak, kita bisa saja menghabiskan banyak makanan tanpa berpikir. Makanan yang dikonsumsi pun biasanya adalah yang  mengandung banyak kalori dan tinggi karbohidrat, seperti es krim, biskuit, cokelat, makanan ringan, kentang goreng, pizza, hamburger, dan lainnya. Selain itu, jika kita sering menjadikan makanan sebagai pelarian untuk melepaskan stres, kita mungkin bisa makan lebih dari cukup dalam sehari dengan jumlah yang besar. Hal ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan, bahkan kegemukan jika berlangsung terus-menerus. Di sisi lain, minum minuman beralkohol dapat menghilangkan kontrol impuls otak. Dalam jangka panjang, hal ini akan menimbulkan kerusakan permanen pada otak.

MENGABAIKAN KEMARAHAN

Berpura-pura baik-baik saja dan menekan rasa marah tidak akan menyelesaikan masalah. Marah adalah suatu emosi yang manusiawi. Yang penting adalah bagaimana kita mengelola rasa marah itu. Mereka yang mampu memahami amarahnya tidak akan melampiaskan perasaan itu pada hal-hal buruk dan mudah mencari cara untuk mengatasi amarahnya.

MENGAMBIL KEPUTUSAN

Mengambil keputusan dalam amarah adalah hal yang tidak bijak untuk dilakukan. Sebab, dalam keadaan ini, seseorang yang sedang dikelilingi seribu benci dan kecewa hanya akan membuat keputusan sepihak demi memuaskan rasa kesalnya terhadap orang lain.

Apakah ada dari 5 hal di atas yang sering kita lakukan ketika kita marah?

Tidak ada kata terlambat untuk berproses dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan matang.

Selamat berproses!

We care, so we share..

Chat us for more information