7 Cara Ampuh untuk Meningkatkan Mood

Photo by Quang Anh Ha Nguyen from Pexels

Disadari atau tidak, terkadang kita merasa sangat positif dan bersemangat, namun terkadang sebaliknya, memandang semua hal negatif dan kita merasa tidak berdaya. Tahukah kamu, jika kita membiarkan perasaan negatif dan tak berdaya terus menguasai kita, itu sama dengan kita tidak memperhatikan kesehatan mental kita lho!

Yuk simak tips berikut ini supaya kita tetap positif dan bersemangat dalam menjalani hidup ya.

1. Ungkapkan Rasa Syukurmu

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang suka bersyukur akan merasa hidupnya lebih baik, punya mood yang oke, dan kecemasan berkurang. coba deh mulai sekarang tuliskan hal-hal yang kamu syukuri. Kamu bisa membuat diari atau jurnal khusus yang berisikan hal-hal atau peristiwa-peristiwa yang patut kamu syukuri. Bisa juga kamu mulai memberikan semacam “thank you note” untuk orang-orang di sekelilingmu bahkan untuk dirimu sendiri.

2. Fokus pada Potensimu

Ketika kita fokus pada hal-hal yang jadi kelebihan kita, kita akan menjadi lebih produktif dan hidup jadi terasa lebih baik lho. Mulai sekarang, kenali dirimu lebih dalam dan kembangkan potensimu ya! Kamu bisa melakukan evaluasi diri melalui tes-tes pengenalan diri atau dengan sekedar merenungkan hal-hal yang menjadi kelebihanmu dan mencari cara efektif untuk mengembangkannya.

3. Bayangkan Versi Terbaik Dirimu

Ini ternyata punya dampak yang signifikan banget lho untuk meningkatkan mood kamu. Kamu jadi lebih aware sama impian, cita-cita, dan prioritasmu. Selain itu, kamu akan lebih merasa punya harapan untuk masa depan dan motivasi dirimu juga ikutan meningkat.

4. Belajar Berbuat Baik

Dengan kita lebih memperhatikan orang lain, kita akan lebih ingin untuk terhubung dan berelasi, yang mana hal itu akan meningkatkan mood dan daya tahan kita terhadap stres. Coba deh mulai dari hal kecil, seperti kasih senyuman ke orang lain atau menyapa teman.

5. Tetapkan Tujuan

Menetapkan tujuan bisa meningkatkan kepercayaan diri dan harga dirimu. Mulai sekarang, latih dirimu untuk membuat tujuan hidup yang spesifik dan terukur, menciptakan strategi-strategi untuk mencapainya, plus jangan lupa terus evaluasi, supaya apa yang kamu tetapkan bisa tercapai.

6. Menikmati Pengalaman

Ketika kamu mengalami sesuatu yang menyenangkan, seperti lagu kesukaanmu, makanan enak, atau melihat sunset yang indah, perhatikan itu dan nikmatilah!

7. Melatih Mindfulness

Sudah ada penelitian yang membuktikan bahwa mindfulness dan meditasi meningkatkan mood dan perasaan positif.

Jadi..

mulailah dari hal kecil untuk mencoba meningkatkan mood kamu, demi kesehatan mentalmu. Dan jangan ragu untuk kontak kami kalau kamu butuh teman bicara ya..

We care, so we share!

Chat us for more information