Apa Untungnya Menjadi KIDAL?

Menjadi kidal (aktif menggunakan tangan kiri) ternyata banyak sekali keuntungannya. Tapi kadang dianggap tidak sopan. Para orang tua pun selalu membiasakan anak menggunakan tangan kanan.

Banyak yang berpendapat bahwa penyebab kidal adalah kebiasaan, ada juga yang bilang bahwa kidal adalah keturunan. Orang menjadi kidal karena otak sebelah kanannya dominan. sehingga gerakannya lebih banyak menggunakan bagian tubuh sebelah kiri, sedangkan sebagian besar anak lebih dominan otak sebelah kiri, sehingga gerakannya lebih banyak menggunakan bagian tubuh kanan.

8 – 15% penduduk dewasa adalah kidal. Berbagai penelitian menunjukkan kidal lebih umum di kalangan laki-laki daripada perempuan. Apa saja keuntungan menjadi kidal? Menurut jurnal Neuropsychology, orang kidal lebih cepat merespons rangsangan. Menurut Dr. Nick Cherbuin, peneliti dari Australian National University, “hubungan antara otak kiri dan kanan lebih besar terhubung pada orang yang kidal”. Ini berarti orang yang kidal memiliki keuntungan dalam bidang olah raga, permainan atau kegiatan lain dimana mereka dihadapkan pada rangsangan secara serempak. Keuntungan lainnya, orang kidal bisa memproses berbagai rangsangan lebih cepat dibandingkan dengan mereka yang menggunakan tangan kanan karena secara teori orang kidal lebih mudah menggunakan kedua belahan otak untuk mengelola rangsangan.

“Berdasarkan penelitian, orang kidal lebih cepat merespons rangsangan.”

 

Otak terbagi dalam dua belahan utama, yaitu kiri dan kanan. Pengolahan bahasa pada sebagian besar orang terjadi pada belahan otak kiri, tapi untuk orang kidal kemungkinan terjadi di kedua belahan otak. Selain itu, ketika salahs atu belahan otak sudah kelebihan beban dan mulai melambat, maka belahan otak lainnya dapat lebih mudah mengisi kekosongan. Menurut para ahli, orang kidal pun akan memiliki mental yang lebih baik saat kemampuan otak sudah melambat di usia tua.

Banyak sekali tokoh dunia dan selebritis terkenal yang kidal, seperti Barrack Obama, George Bush, Bill Gates, Bill Clinton, Pangeran Charles, Pangeran William, Charlie Chaplin, Marrie Curie, dll.

 

(Sumber: “7 Trik Dahsyat Menghafal Cepat”. Buku tersedia di Bibliotherapy PKPP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *