Be a PERFECT Parent

Kendati pengasuhan adalah tugas yang sulit dan kerap kali memusingkan, tapi adalah sungguh membuahkan hasil dan memuaskan untuk berbagi perkembangan anak semenjak ia baru lahir, sebagai bayi yang belum mandiri, lalu meningkat menjadi anak yang mandiri, hingga balita yang kian mandiri, menuju anak remaja yang tumbuh pesat, dan terutama, menjadikan anak sebagai seorang muda dewasa yang sukses, mandiri, dan dicintai.

Dengan mengungkapkan setiap huruf “P-E-R-F-E-C-T“, ketujuh rahasia ini akan membantu Anda mengembangkan anak yang produktif dan penuh rasa kepedulian. Meski kesempurnaan yang total adalah mustahil, Anda tidak bisa menjadi orangtua yang sempurna dan demikian pula putra-putri Anda tidak mungkin menjadi anak yang sempurna, hasrat untuk benar-benar unggul adalah tujuan yang didambakan dan akan membawa Anda ke arah yang benar:

 

  1. “P” = PRIORITIZE. Buarlah prioritas: Rancanglah rencana mingguan untuk membantu Anda dan pasangan untuk saling memahami satu sama lain dan menyeimbangkan kebutuhan keluarga, tanggung jawab, dan berbagai keinginan sesuai urutan kepentingannya: Kesejahteraan anak adalah yang pertama. Berilah putra-putri Anda perawatan dasar, cinta, kenyamanan, keamanan, dan lingkungan rumah yang bahagia serta terorganisasi.
  2. “E” = EXPERIENCE. Alami kehidupan bersama anak Anda: Perkenalkan dunia sekitar kepada anak dan berbagilah kegembiraan dari menjelajahi lingkungan sekitar dengan pancaindranya. Nikmati melihat-lihar pemandangan, mendengarkan suara, membaui aroma, mengecap rasa, dan menyentuh berbagai objek dan tempat baru. Ikuti berbagai acara yang sesuai dengan umurnya. Hargai si kecil sebagai manusia yang berakal budi dengan bertukar pemikiran, ide, dan pendapat dengannya.
  3. “R” = ROUTINIZE. Ciptakan rutinitas namun jangan “merobotisasi”: Tetapkan rutinitas, aturan, batasan, dan panduan, untuk membantu menata kesibukan hidup Anda dan untuk membangun disiplin, tanggung jawab pribadi, dan ekspektasi sosial. Individu yang sehat adalah yang mudah beradaptasi, kreatif, dan luwes dalam dunia mereka yang tertata; karenanya, sesekali doronglah adanya perubahan dan pilihan.
  4. “F” = FOLLOW THROUGH. Penting untuk memelihara konsistensi, rasa aman, dan kejujuran. Buatlah janji yang dapat Anda penuhi, buatlah aturan yang akan dihormati oleh semua anggota keluarga, buatlah harapan-harapan yang realistis. Ketika Anda menindaklanjuti secara rutin, Anda sedang mengajarkan kepada si kecil bahwa Anda dapat dipercaya.
  5. “E” = ENCOURAGE. Kembangkan kekuatan anak, atasi kelemahannya, dan ia akan tumbuh pesat secara intelektual, fisik, emosi, sosial, dan kreatif. Pujilah keberhasilan pencapaiannya saat ini untuk mendorong keberhasilan yang akan datang. Jadilah teladan bagi putra-putri Anda. Saat Anda memberikan waktu dan dedikasi Anda, Anda juga akan mendemonstrasikan nilai-nilai komitmen dan tanggung jawab.
  6. “C” = COMMUNICATE. Ketika Anda menaruh perhatian pada perasaan, ekspresi wajah, bahasa tubuh, pada “apa yang dikatakan” dan “apa yang tidak dikatakan”, Anda membuka alur komunikasi serta merasa “selaras” atau terhubung. Seiring anak bertumbuh, doronglah ekspresi perasaan, gagasan pribadinya, dan kembangkan percakapan yang tulus dan jujur. Ciptakan suasana penuh kasih dan demokratis serta senantiasa bersedia mendengarkan dan membantu anak dalam membuat keputusan.
  7. “T” = TEACH. Anda adalah guru pertama dan yang paling penting bagi anak dalam menyampaikan pengetahuan, kekuatan emosional, pengalaman sosial, moral, etika, dan nilai-nilai. Anda megnajar dengan berkomunikasi, hidup bersama-sama, dan menjadi teladan yang positif.

 

Nikmati keajaiban setiap momen berasama anak Anda dan tugas pengasuhan anak Anda pun akan sukses secara SEMPURNA.

 

(Diambil dari “Be A Perfect Parent” tulisan Shelly Herold, MS, Ed. Buku tersedia di Bibliotherapy PKPP)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *