Biarkan Kesendirian Membantu Mengatasi Kesepian Anda

Ada kalanya kita merasakan keramahan, simpati, dan mendapatkan hiburan dari orang lain. Namun ada kalanya pula kita harus sendirian tanpa teman. Dalam zaman modern yang semakin ramai seperti sekarang ini, orang menjadi semakin takut bila harus sendirian, sehingga tidak mengherankan bila banyak yang melarikan diri dalam keramaian atau mengikuti suatu perkumpulan hanya sekedar untuk menghindari kesendirian.

Memang kesendirian dapat membuat kita dicengkam oleh rasa kesepian. Namun apabila kita menerima kesendirian sebagai fakta yang tak dapat dihindari, kemudia berusaha memanfaatkannya, maka kesendirian dapat menjadi saat yang produktif dan kreatif, serta banyak maknanya bagi kehidupan kita.

 

Saat untuk Lebih Mengenal Diri Sendiri

Kalau kita sendirian, kita mempunyai kesempatan untuk berhadapan dengan diri kita sendiri dalam keheningan, sehingga saat semacam itu dapat merupakan saat untuk lebih mengenal diri sendiri, untuk melihat kekuatan dan kelemahan kita, menemukan hal-hal baru dalam diri kita ataupun menemukan kemampuan-kemampuan yang selama ini terpendam, dan juga merupakan kesempatan untuk membuat rencana pengembangan diri. Dengan demikian kita juga punya kesempatan untuk belajar mencintai diri sendiri dan merasa bahagia dengan diri kita sendiri.

 

Saat untuk Memperoleh Kekuatan Batin

Memang apabila orang dapat mengubah kesendirian menjadi suatu keheningan yang konstruktif, maka kesendirian akan dapat membantu kita memperoleh kekuatan batin kembali. Kita akan menemukan hal-hal baru dalam diri kita, dan kehendak Tuhan terhadap diri kita menjadi semakin jelas.

 

Saat untuk Berkreasi

Seni budaya dan ilmu pengetahuan tidak tercipta di tengah keramaian, tetapi di dalam kesunyian. Hanya dalam kesendirian orang dapat mengembangkan ide-ide yang muncul dalam pikirannya. Kalau kita terpaksa harus tinggal sendirian dan merasa bahwa tidak ada ide-ide yang dapat dikembangkan, hobi pun dapat membantu kita memanfaatkan kesendirian secara kreatif.

 

Jadi, kesendirian dapat menjadi kesepian atau tidak, itu tergantung dari diri kita sendiri, kita bisa memanfaatkan kesendirian itu atau tidak. Maka salah satu cara mengatasi rasa kesepian adalah belajar memanfaatkan kesendirian, sehingga kita dapat tinggal sendirian tanpa merasa kesepian.

 

(“Mengatasi Rasa Kesepian” tulisan Florence Wedge)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *