Ciri-ciri orang yang punya prestasi tinggi

Apakah Anda ingin berprestasi tinggi? Tentu. Anda pasti akan menjawab “ya”. Meskipun demikian ada baiknya jika kita merenungi sejenak pendapat Prof. David Mclelland dan para ahli jiwa dari Universitas Harvard setelah melakukan penelitian selama 25 tahun tentang ciri-ciri seseorang yang mempunyai keinginan untuk berprestasi tinggi.

1. Suka memikul tanggung jawab secara pribadi

Adalah ia yang tidak menginginkan hasil yang diperoleh tanpa mengerahkan kemampuannya. Ia tidak suka hasil yang diperoleh secara untung-untungan atau yang diperoleh secara kebetulan. Ia tidak suka hasil yang didapat karena faktor-faktor lain di luar pengendaliannya. Ia tidak pernah menyalahkan orang lain, keadaan, atau lingkungan sebagai alasan untuk tidak bertindak atau sebagai kambing hitam penyebab kegagalannya.

2. Suka pada tantangan

Alasannya ia hanya mendapat kepuasan jika dapat mengambil tugas yang lebih sulit untuk dilaksanakan. Ia tidak suka melakukan tugas yang mudah atau yang sedang-sedang saja. Jika terpaksa melakukan tugas-tugas yang sederhana, yang ringan, kepuasan yang ia dapat sangat kecil atau bahkan tidak puas sama sekali. Ia seorang yang berani mengambil resiko yang telah ia perhitungkan masak-masak.

3. Merasa dirinya dikejar-kejar waktu

Baginya waktu berlalu jauh lebih cepat dari yang ia inginkan, yang oleh karenanya ia akan terdorong, tergerak untuk melakukan semua yang dapat dikerjakan hari ini, agar esok dapat melakukan yang lebih banyak. Keinginan ini melahirkan sikapnya yang selalu bersemangat, tangkas, gesit, lincah, energetic. Ia tidak loyo, tidak suka mengeluh, tidak lunglai.

4. Kreatif dan inovatif

Tindakannya selalu mengarah pada hal-hal yang memperbarui sesuatu. Berpikir dan bertindak mencari cara-cara yang lebih baik, lebih produktif, lebih efektif dari yang sudah berlangsung.

5. Menyukai segala sesuatu yang serba berbau mungkin

Baginya banyak hal yang memungkinkan untuk ia capai. Ia percaya diri, yakin bahwa dirinya mampu melakukan sesuatu betapa pun sulitnya.

Melihat diri sendiri memerlukan kejujuran. Dan jika hari ini Anda belum memiliki ciri-ciri tersebut, Anda tidak perlu berkecil hati. Anda dapat memiliki ciri-ciri tersebut jika Anda memang menginginkannya. Yang terpenting adalah “Do it!”

Chat us for more information