INFOBESITY

Kehadiran internet membuat kita begitu mudah mengkonsumsi banyak informasi. Tak jarang kita juga merasa “kekenyangan” karena mendapat banyak informasi dari berbagai platform sosial media yang ada.

Infobesity, atau terlalu banyak informasi, membuat kita kewalahan dan kesulitan untuk mengatur dan memahami banyak informasi yang ada. Hal ini bisa membuat kita menjadi tidak paham dan malah salah paham.

Pernahkah kita mengalami saat di mana ketika kita sedang menggunakan banyak aplikasi kemudiansmartphone tiba-tiba hang? Bayangkan jika itu terjadi pada otak kita.

APA ITU INFOBESITY?

Adalah kesulitan untuk memahami suatu hal/isu dan juga dalam mengambil keputusan secara efektif, ketika seseorang menerima terlalu banyak informasi mengenai isu tersebut.

SEJARAH

Sejak ditemukannya internet dan boomingnya gawai sebagai perangkat komunikasi yang bisa dimiliki hampir setiap orang, terjadi ledakan kuantitas informasi yang kemudian dikenal dengan era keberlimpahan informasi (abundance of information era).

AKIBAT

Jumlah informasi yang men-tsunami melebihi kemampuan kognitif kita dalam memprosesnya. Akibat yang terjadi adalah terjadi penyumbatan arus informasi di sana-sini, memperlambat sistem kognitif kita. Infobesity ini juga ditengarai menyebabkan efek samping seperti kelelahan, produktifitas rendah, kurangnya percaya diri, dan stres.

SOLUSI

Upaya solusinya yaitu diet informasi dan solusi hidup sehat informasi. Anak tangga pertamanya sama seperti upaya penanganan hoax, yakni pause, berhenti sejenak untuk mengendapkan seluruh informasi yang diterima dan tidak bernafsu untuk memberikan reaksi secara berlebihan dan emosional, termasuk menyebarkannya.

Bijak-bijak dalam menerima informasi ya..

We care, so we share..

(Disadur dari berbagai sumber)

Chat us for more information