Konselor Memahami Remaja

Banyak orang menganggap penting topik kesehatan mental, namun saat menghadapi realita, seringkali kurang bisa memahami dan peka dengan perbedaan-perbedaan perilaku bermasalah seseorang.

Terlebih di masa pandemi ini. Ada kondisi mendadak yang memaksa setiap orang dengan cepat menyesuaikan diri. Banyak ketidakstabilan yang menghantam berbagai sisi kehidupan.

Dalam konteks pendidikan pada jenjang SMP dan SMA, dirasakan mulai muncul perilaku-perilaku yang dianggap bermasalah terlebih berkaitan dengan masa pencarian jati diri.

Dapat terjadi bahwa perilaku yang berbeda tidak sekedar masalah karakter khas seseorang namun juga karena berkaitan dengan personality disorder (gangguan kepribadian).

Proses belajar menjadi terganggu dan prestasi siswa menurun. Terlebih jika lingkungan tidak memahami maka akan memicu perilaku bullying di antara teman. Oleh karena itu, dirasa perlu untuk membekali konselor SMP, SMA, dan pembimbing remaja agar dapat memahami dan menangani siswa dengan kondisi tersebut.

Pelatihan berjudul “Personality Disorder in Teenagers: What and How” yang diikuti oleh 59 peserta ini dilaksanakan selama dua hari, yaitu Rabu & Kamis, 3 & 4 Februari 2021. Dr. Christin Wibhowo, S.Psi., M.Si., Psikolog, selaku narasumber, tidak hanya mengajak peserta untuk memahami Psikologi Remaja, peran orang tua dan konselor dalam mendampingi remaja, namun juga memberi wawasan mengenai gangguan kepribadian pada remaja (gejala, ciri-ciri, penyebab, dan pemicunya) serta bagaimana menangani gangguan kepribadian pada remaja dengan teknik-teknik yang aplikatif.

Pelatihan ini sebagai kegiatan Pengabdian Masyarakat dari Pusat Konseling & Pengembangan Pribadi (PKPP) UK Petra.

We care, so we share..

Chat us for more information