Membangun Self-Worth

pic: nbcnews.com

Di artikel sebelumnya, kita telah membahas perbedaan dari self-confidence dan self-worth.

Sekarang, bagaimana cara memiliki rasa berharga yang sejati dan sehat?

Cukup 2 langkah saja untuk membangun self-worth, namun 2 langkah ini sangat penting!

Know your God & relate to Him

Tidak bisa tidak dan tidak bisa dengan cara lain, bahwa keberhargaan diri hanya bisa dibangkitkan ketika kita terkoneksi dengan Pencipta kita. Dan rasa berharga yang sehat hanya bisa didapat saat kita mengenal dan hidup dekat dengan Tuhan.

Jadi, mulai hari ini, mulailah perbanyak doa dan dengan segenap hati, carilah Tuhan. Berusahalah mengenal Dia dan terkoneksi dengan-Nya, karena saat itulah kamu akan menyadari betapa dahsyatnya cara-Nya menciptakanmu, yang akan memunculkan rasa berharga dalam dirimu.

Aktifkan kesadaranmu tiap saat

Setelah kamu berhasil mengalami langkah pertama di atas, kamu hanya tinggal terus mengingat dan mengaktifkan kesadaran hatimu terus-menerus tiap hari bahwa kamulah pribadi yang berharga karena Penciptamu.

Afirmasikan terus dalam berbagai kesempatan, misalnya saat kamu menyisir rambut di depan cermin, katakan terus-menerus pada dirimu dan buatlah dirimu terus dalam keadaan “sadar” bahwa kamu berharga. Bukan karena apapun yang kamu miliki, namun karena Penciptamu dan bagaimana Dia menciptakanmu untuk tujuan yang dahsyat.

Buatlah statement-statement yang bisa ditempelkan di kamarmu, di wallpaper gadgetmu, dan masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan.

Ingat ya, kamu berharga! 🙂

We care, so we share..

(Diambil dari: “Dating Your Destiny” tulisan Josua Iwan Wahyudi. Buku tersedia di Bibliotherapy PKPP)

Chat us for more information