Mengatasi Rasa Kesepian

Rasa kesepian membuat kita selalu waspada, siap untuk menghadapi kekecewaan dan penolakan yang kita percaya pasti datang. Akibatnya, kita kehilangan kesempatan untuk menjalin koneksi sosial dan berperilaku dengan cara-cara yang membuat orang lain menjauh.

Guna menghadapi persepsi yang menyimpang ini dan agar tidak bertindak dengan cara yang mengalahkan-diri, ada tiga hal yang perlu kita lakukan.

Melawan sikap pesimis

Kesepian membuat kita membayangkan hal-hal yang tidak baik begitu kita berpikir untuk melibatkan diri dalam interaksi sosial. Meski tidak mungkin mencegah munculnya skenario pesimistis di dalam pikiran kita, cara terbaik untuk mengalahkan ketakutan dan sikap pesimis adalah dengan sengaja membayangkan skenario keberhasilan yang wajar dan realistis. Dengan membayangkan hasil yang baik di dalam benak kita, besar kemungkinan kita dapat mengenali manakala kesempatan itu muncul dan memanfaatkannya.

Menghilangkan Tuduhan

Kesalahan persepsi lain yang ditimbulkan oleh rasa kesepian adalah bahwa kita cenderung membayangkan yang terburuk tentang bagaimana perasaan orang lain terhadap kita. Meskipun ketakutan yang kita rasakan bisa dimengerti saat kita sudah merasa kesepian dan takut akan penolakan, membiarkan perasaan itu justru hanya akan memunculkan hal yang paling ingin kita hindari. Sebaliknya, kita harus melawan sikap skeptis dan menghilangkan tuduhan terhadap orang-orang yang baru hadir dalam hidup kita, serta mereka yang telah menjalin hubungan dengan kita.

Bertindak!

Rasa kesepian yang kronis membuat kita memandang diri sendiri sebagai korban pasif dari keadaan yang keras, sehingga kita merasa tidak mampu untuk mengubah keterasingan sosial, emosional, maupun keintiman. Perasaan-perasaan seperti itu hanya didasari pada persepsi yang terlalu negatif dan pesimistis. Selalu ada langkah-langkah yang bisa kita ambil guna memperbaiki keadaan. Hal ini penting untuk dilakukan karena melakukan perbuatan apa pun akan membuat kita merasa lebih baik tentang diri kita sendiri, begitu juga tentang kemungkinan-kemungkinan kita.

Nah, siapkah kita untuk bertindak dan mengatasi rasa kesepian?

(Sumber: “Pertolongan Pertama pada Emosi Anda” tulisan Guy Winch, Ph.D. Buku tersedia di Bibliotherapy PKPP)

Chat us for more information