Tentang Kami

(ki-ka: Pratiwi Anjarsari, M.Psi., Psikolog, Paulina Raras R.,S.Psi., Kurnia Julianingtyas, Dra. Lanny Herawati, Esti Kurnianingsih, S.Psi., M.A., Stefani Sutedjo, S.Psi., MAKP., Hariyanto, S.Psi., M.Pd.)

 

Layanan Konseling sebenarnya telah ada sejak berdirinya Pusat Kerohanian sebagai bagian dari Pelayanan Kerohanian. Tahun 1982 mulai mencari tenaga khusus yang dianggap kompeten dalam bidang layanan konseling sehingga tidak lagi dilakukan oleh rohaniwan.

Dengan berkembangnya kebutuhan dan dituntutnya penanganan yang lebih profesional, maka tahun 1984 ditambahkan satu staf dengan latar belakang pendidikan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan. Saat itu layanan konseling semakin berkembang dan semakin kompleks, sehingga dipandang perlu untuk berdiri sendiri sebagai bidang profesional. Maka tahun 1992 secara resmi layanan konseling berdiri sendiri sebagai Pusat Bimbingan Konseling dan mulai aktif dengan penambahan staf profesional dan perluasan layanan. Saat itu Pusat Bimbingan Konseling memiliki 2 bidang layanan yaitu Bidang Konseling dan Bidang Testing-Penempatan. Pada tahun 1994 bidang-bidang ini dikoordinir oleh kepala bidang dan pelaksanaannya dibantu dengan beberapa staf.

Pada tahun 2003 mencoba mengajukan TPSDP Batch III untuk program Karier dan dinyatakan berhasil. Pada tahun 2004 bidang layanan Penempatan dinyatakan berdiri sendiri sebagai Pusat Karier dengan kepala bidangnya berfungsi sebagai kepala pusat dan staf yang selama ini membantu di bidang itu juga ikut sebagai staf di unit yang baru tersebut.

Dengan demikian maka ada perubahan struktur organisasi di Pusat Bimbingan- Konseling. Perubahan itu menyangkut nama unit yang berubah menjadi Pusat Konseling dan Pengembangan Pribadi, sedang bidang yang ada adalah Bidang Konseling dan Dinamika Kelompok serta Bidang Psikodiagnostik. Sampai saat ini jumlah staf 6 orang dan 1 konselor paruh waktu.

Visi

Unit pendukung di bidang psikologis yang menghantar warga kampus dan lingkungan menjadi pribadi yang berkembang optimal sesuai dengan panggilan Allah.

Misi

Setiap pribadi dapat mengenal diri, mengembangkan potensi, mengelola emosi, meningkatkan ketrampilan interpersonal serta membangun kepedulian terhadap sesama.

“We care, so we shareā€¯

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *