Tips Biar Belajar Makin Fun

“Bosan ah belajar terus!”

“Materinya nggak menarik!”

“Duh! Nggak paham. Males!”

Pernah nggak sih teman-teman merasa seperti itu? Apalagi di masa pandemi ini, kita dituntut untuk bisa dan mau belajar secara daring.

Tapi, belajar adalah kenyataan yang harus dijalani kalau kita mau sukses di perkuliahan.

“Trus gimana dong?”

Yuk simak beberapa tips di bawah ini biar belajarmu makin fun dan semangat!

Menetapkan niat yang baik

Sejak awal, tumbuhkan motivasi diri yang kuat untuk mencapai apa yang kamu cita-citakan ya! Terus ingat alasan mengapa kamu kuliah di jurusan ini.

Asosiasikan hal yang dipelajari dengan hal yang sudah kamu ketahui

Ingat ‘kan dulu waktu belajar Bahasa Inggris? “book” karena membacanya “buk” maka kita cepat mengingat kalau itu adalah “buku”.

Bertukar pikiran dengan yang lebih ahli

Nggak ada salahnya kamu bertanya atau diskusi sama dosen/guru atau ke kakak kelas/asisten dosen. Itu akan membuatmu lebih memahami materi dan jadi lebih semangat.

Sebarkan pengetahuan barumu dengan orang terdekat

Menjelaskan ulang atau sharing materi baru ke orang lain bisa jadi salah satu cara untuk semakin memahami dan mengingat materi itu. Plus, seru juga kan belajar bareng teman.

Tahu nggak sih?

Belajar itu nggak harus selalu diasosiasikan dengan sesuatu yang formal. Dalam kehidupan sehari-hari, paling mudah untuk menemukan dan mempelajari hal baru adalah dengan observasi (mengamati) dan imitasi (meniru).

Ini akan jauh lebih bermakna jika kamu menerapkannya untuk mempelajari dan menerapkan hal-hal yang berdampak positif untukmu dan lingkungan sekitarmu.

Jadi, tetap semangat ya!

We care, so we share..

(Disadur dari buku “COLLEGE MANUAL: Panduan persiapan kuliah yang kamu banget!”)

Chat us for more information