...

5 Hal Untuk Mengatur Waktu Secara Efektif

Pandemi ternyata tidak mengurangi kesibukan kita ya. Terkadang kita merasa waktu 24 jam menjadi kurang karena banyaknya kegiatan yang harus diikuti, walaupun semua secara daring.

Bagaimana sih caranya untuk mengatur waktu supaya semua tanggung jawab kita bisa terpenuhi, sekaligus kita masih bisa punya waktu untuk "me time"?

Yuk simak tips berikut ini!


DURASI

Tanyakan pada diri sendiri berapa lama waktu yang dibutuhkan, supaya dapat mengantisipasi kesulitan-kesulitan yang bakal muncul. Kemudian tambahlah sedikit waktu ekstra.


DETIL

Perhatikan semua hal yang perlu Anda perhitungkan dengan pembagian waktu yang rinci. Buatlah daftar ketika Anda menuliskan pembagian waktu. Dengan demikian Anda akan tahu satu-dua detil yang mungkin terlewatkan.


ANTISIPASI

Antisipasilah masalah-masalah yang mungkin timbul, supaya dapat merencanakan untuk menghindarinya atau meneruskannya dengan rencana lain. Anda harus menyediakan sedikit waktu yang tak terduga.


RITME

Bekerjalah dengan ritme alami Anda. Apa pun yang harus Anda kerjakan, Anda dapat memilih pola kerja Anda. Cobalah mencari pola kerja yang paling cocok bagi Anda. Kemudian, sedapat mungkin sesuaikan jadwal harian Anda dengan pola kerja Anda itu. Semakin Anda bekerja dalam ritme alami Anda, produktivitas Anda semakin  meningkat.


JADWAL

Gunakanlah jadwal Anda, jangan biarkan ia menggunakan Anda. Jadwal hanyalah cara untuk membantu Anda mencapai tujuan--jadwal bukanlah tujuan itu sendiri. Telitilah rutinitas dan jadwal-jadwal Anda secara teratur. Secara umum, apakah jadwal itu masih membantu Anda?


Sediakan waktu untuk berpikir, agar Anda dapat mengambil pelajaran dari masa lampau, mengantisipasi masalah masa depan, dan mempersiapkan rencana alternatif untuk  menjaga setiap kemungkinan.

Sediakan waktu di luar pekerjaan, untuk liburan, kegiatan selingan, dan bersantai. Anda akan menjadi lebih efektif di dalam apapun tanggung jawab Anda.




(Sumber: "Mengatasi Stres secara Positif" tulisan Peter E. Makin)